LINUX NUSANTARA 4

Sabtu, April 16, 2011




Distro Nusantara 4 (Kalembah) merupakan distro berbasis Fedora yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna Indonesia. Pengembangan lanjutan distro ini disponsori oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Rimbalinux. Meskipun disponsori oleh pemerintah, namun distro ini diharapkan dapat tumbuh dan dikembangkan oleh komunitas. Nusantara 4 (Kalembah) dikembangkan dengan mengambil basis Fedora 11. Fedora merupakan salah satu distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Fedora. Distro ini awal mulanya adalah Red Hat, salah satu distro tertua yang dikenal keandalannya di bidang enterprise. Meskipun berasal dari Red Hat, namun dalam pengembangannya Yayasan Fedora berusaha lepas dari bayang-bayang Red Hat, dan berkeinginan menjadi distro yang 100% dikembangkan oleh komunitas.



Fitur-Fitur
Beberapa fitur dari Nusantara 4 ini adalah:

1.
Bluetooth enhancement
Dukungan bluetooth yang lebih baik. Pemindahan data lewat handphone bluetooth atau media bluetooth lain dapat dilakukan secara otomatis lewat aplet bluetooth yang tersedia di panel.
2.
Percepatan startup dan shutdown
Saat menyala pertama dan saat mematikan, versi Nusantara 4 relatif lebih cepat dari versi sebelumnya. Versi ini juga sudah dilengkapi dengan plymouth untuk tampilan animasi saat start up.
3.
Firefox 3
Fitur firefox3 bisa dirujuk di website mereka di http://www.mozilla.com/firefox. Singkatnya versi ini lebih ringan, dengan dukungan add-on yang lebih banyak, serta dukungan pengecekan keamanan yang lebih baik.
4.
Atur ulang partisi pada saat instalasi
Jika partisi penuh, Anda dapat menggeser partisi yang penuh yang masih memiliki ruangan yang cukup. Ini dapat dilakukan terbatas pada partisi yang disusun berdasarkan kaidah penyusunan partisi, sehingga dimungkinkan pembuatan partisi baru.
5.
Sistem Berkas Terenkripsi (Encrypted File System)
Anda bisa memilih sistem berkas terenkripsi pada saat instalasi, maupun membuatnya setelah selesai atau pada saat distro sudah digunakan.
6.
Dukungan multimedia yang lebih lengkap dari Fedora.
Saat ini Nusantara 4 telah mendukung beberapa format multimedia umum seperti .avi, .wmf, DVD, .mp3, .wav, dan VCD.



Kebutuhan Hardware

1. Nusantara dapat digunakan di prosesor Pentium 3, namun dianjurkan (dan dioptimasi) untuk Pentium 4 atau lebih baru. Meskipun didesain dengan prosesor Intel, namun Nusantara dapat dipasang di prosesor Via atau AMD dengan kecepatan setara Pentium 4.
2. Minimal RAM adalah 384 MB. Kami merekomendasikan 512 MB RAM.
3. Ruang harddisk yang dibutuhkan untuk instalasi adalah 3,5 GB. Jadi jika Anda ingin ruang kosong yang lebih besar, sediakan lebih besar dari itu.


Homepage dan Support
Untuk dukungan pengguna bisa menggunakan alamat berikut: http://www.nusantara-linux.web.id email: nusantara.linux@gmail.com

dan untuk iso file dapat di download di sini http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/2010/R5.2/ atau di sini http://igos-nusantara.or.id/

0 komentar:

Posting Komentar