Dua PDA yang menemaniku

Jumat, Maret 11, 2011

Dua PDA yang menemaniku

Sudah hampir 1 tahun keduanya saya miliki, yang jelas Dopod 838 Pro punya umur pakai lebih lama daripada HTC TyTN II.Walau aku belinya bekas ni( dua duanya lagi )...... tapi so far gak ada kerusakan yang berarti. Paling hanya casing yang lecet di sudut sudutnya.Yach maklumlah pekerja lapangan jadi wajar jika sering serempet sana serempet sini.


Produk yang rilisnya berurutan, kalo varian di HTC, Dopod 838 Pro sama dengan HTC TyTN (tanpa "II"), baru kemudian disusul HTC TyTN seri ke-2 atau "HTC TyTN II". Seri ke-2 ini, memiliki keunggulan fitur, hardware yang lebih maju (prosesor, RAM dan elemen grafis), qwerty keyboard yang bisa ter-fold membentuk sudut terhadap front screen case part, GPS buit-in ( kalo aku pake aplikasi Garmin lengkap dengan map indonesianya ) dan Official Windows Mobile 6.1 OS ready.Dan kedua duanya juga sudah ada wifi nya so kegiatan browsing sambil hang out sih enak ,asal ada free hotspot.


HTC TyTN II


HTC TyTN ( Dopod 838 Pro )


Dari performa pemakaian, Dopod 838 Pro bisa dibilang lebih "bandel", tidak ada masalah apapun baik secara hardware maupun sistem operasinya. Satu satunya masalah hanya belum GPS dan keyboardnya agak keras, tapi setelah aku bongkar sendiri dan dibersihkan ternyata masalah tersebut hilang walau tidak seempuk punya TyTN II.

Dengan TyTN II saya, secara sistem operasi, tidak ada masalah, berulang kali flashing ROM (perlakuan yang sama dengan Dopod 838 Pro) masih baik-baik saja. Secara hardware, tulisan logo HTC di front case terhapus (nalar saja, tulisan ditempel di atas permukaan metal yang licin), tutup baterai patah (teknik buka cover kurang smooth, beda dengan Dopod 838 Pro dengan sistem pengunci), key untuk huruf "A" dan "Space bar" sudah keras, tapi bukan tidak mau ditekan ya.Tapi di satu sisi kehadiran GPS builtnya memang handal dan tak bisa dianggap remeh , ya siapa tahu saat kita tersesat di suatu tempat masih bisa mengandalkan peta tanpa perlu bertanya pada orang...hehehe.....

Overall ternyata Dopod 838 Pro masih lebih tangguh dari sisi pemakaian daripada HTC TyTN II.

Tapi yang kusuka kedua duanya bisa kita upgrade ROM sesuka suka kita,So lebih flexible dan yang tak kalah penting tidak membosankan.

Baik sekian tulisan siang ini, tulisan ini hanyalah sebuah review dari salah seorang konsumen Pocket PC, hasil dan analisa bisa berbeda mengingat habbitual dan tingkat kepuasan manusia bisa berbeda, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Oh ya ada satu masalah besar saat aku pake PDA, Gak nyaman terima dan balas SMS waktu naek motor ( maklum gak punya mobil gan )jadi harus berhenti dulu dah kalo mau terima dan balas SMS hahahaha.....


Sekian
Terimakasih.

1 komentar:

yoyok mengatakan...

kei siji to gan...

Posting Komentar